Pecandu Aksara Kembali Gelar Workshop Menulis Opini

Komunitas Pecandu Aksara kembali menggelar mini workshop, dengan judul 'Belajar Menulis Opini/Essai'. Digelar pada rabu (9/8/2017) malam, yang bertempat di Cafetaria 99, jl Todopuli III No.261A, Kompleks Pasar Segar, Makassar.

Menghadirkan Wongso Adi Saputra, S.Pd, M.Pd sebagai pemateri, beliau merupakan dosen study bahasa Inggris Unismuh, CEO English Hang-Out, dan kolumnis opini harian Fajar.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 20-an orang peserta, dari berbagai kalangan. Acara ini berlangsung menarik dan 
seru, dipandu oleh Adji Sukman—ketua umum KOMA UIT.

Pemateri mengatakan bahwa, dalam menulis opini, penentuan judul itu penting. Dan judul itu, sangat berpengaruh diterimanya tulisan kita di media cetak atau tidak.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat membantu para peserta dalam menulis opini atau essai yang baik dan benar.

"Ada 5 indikator dalam penulisan opini: meramu tema, brainstorming, observasi, penulisan opini (pembuka, isi, penutup), dan editing." Tambahnya.

Pemateri juga mengutip kata dari Dante alghieri dalam The Lost Symbol, "Neraka terdalam itu disisakan untuk orang-orang yang tidak berbuat di masa-masa krisis."

Diselingi dengan humor materi kemudian berlangsung secara santai selama sekitar satu jam.

Salah satu peserta yang ditemui berkata, "saya senang dengan kegiatan seperti ini, sebab melalui materi tadi, saya baru tahu beberapa tips tentang menulis opini."

Kegiatan workshop menulis opini dan essai ditutup dengan foto bersama.

You Might Also Like

0 komentar