Seharusnya Begini Jadi Mahasiswa

Mahasiswa merupakan tingkat lanjut dari pendidikan formal setelah SMA dan sederajat. Idealnya, jika telah menyandang status mahasiswa, berarti telah memiliki visi dan tujuan yang jelas.

Dan telah bersikap dewasa, tidak lagi bersikap seperti anak-anak, yang memandang sempit terhadap sesuatu.

Mahasiswa harus mampu mengatur dirinya sendiri, harus mampu memanajemen dirinya sendiri dengan baik.

Sebagaimana prinsip manajemen, mahasiswa harus pandai melakukan planning, organizing, actuating, dan controlling. Minimal terhadap dirinya sendiri.

Jika dirinya telah berhasil menerapkan
prinsip manajemen ini, barulah kemudian melangkah untuk mengatur yang lain. Karena akan sulit mengatur orang lain, jika diri sendiri saja sulit di atur.

Ketika telah menyandang status sebagai mahasiswa, ia pun harus mengembangkan dirinya, sehingga bisa menjalankan salah satu fungsinya, yakni sebagai agen of change.

Salah satu caranya, dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai macam organisasi positif, dan kegiatan-kegiatan positif.

Dalam melakukan berbagai kegiatan, kita juga memerlukan strategi, agar sasaran dan tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Sedikit menjelaskan, manajemen strategi adalah proses untuk meraih peluang, dengan menggunakan segala sumber daya yang dimiliki, guna mencapai sasaran.

Namun inti dari strategi mengembangkan diri ialah kemauaan, jika kemauan tidak ada, siapa pun gurunya ia akan sulit berkembang.

Sepanjang kita mau belajar dan melakukan, kita akan bisa mendapatkan apa yang kita mau, in shaa ALLAH.

Orang sukses itu bukan hanya dari pintar nya, namun lebih besar di pengaruhi oleh ketekunan.

Namun yang di sayangkan, sebagian mahasiswa sekarang hanya memikirkan gelar sarjana. Padahal kita harus punya nilai lebih, ketimbang para sarjana-sarjana yang lain. Agar dapat bersaing, dengan ribuan sarjana yang tiap tahun terus bertambah.

Jadi, jika anda memiliki minat terhadap sesuatu, maka pelajari dan kembangkanlah!

Wawlahu a'lam

You Might Also Like

0 komentar